Konsep Persentasi Seminar Proposal

Setelah penyusunan proposal selesai dan di ACC oleh pembimbing,, langkah selanjutnya adalah  mendaftarkan diri untuk maju menseminarkan proposal dengan mempersentasikan isi dari proposal itu sendiri, seminar proposal ini adalah bentuk pertanggungjaban kita terhadap proposal yang kita buat didepan para penyelaras untuk meyakinkan mereka bahwa proposal (permohonan) penelitian kita layak untuk dilanjutkan...

pada setting seminar, mahasiswa yang akan mengajukan proposal dikumpulkan bersama-sama (dalam ruang seminar). Setiap anggota seminar diperbolehkan bertanya. Dosen di sini ditempatkan sebagai moderator sekaligus penguji dan penyelaras yang akan memberikan saran-saran perbaikan.

Konsep isi dari yang dipersentasikan tidak boleh keluar dari apa-apa yang ada pada isi proposal, biasanya persentasi ini denganMc. Office power point, namun sebelum itu kita harus tahu dulu apa saja yang yang harus ada dalam slide persentasi secara sederhana, tidak kurang dan tidak lebih. adapun pembahasan yang harus ada dalam konsep sminar proposal itu adalah :

1. Latar Belakang Penelitian

2. Batasan Penelitian

3. Tinjauan Pustaka Masing-masing Variabel dan pengukurannya (minimal 1 pendapat ahli)

4. Kerangka Berfikir

5. hipotesis

6. Objek Penelitian

7. Operasional Variabel

8. Populasi dan Sample

9. Teknik Uji data

10. Teknik Analisis data

Copas masing2 point diatas dari proposal anda dan buat dalam bentuk power point sesinple dan semenarik mungkin,  dan bawakan suasana seminar dengan penuh keyakinan tetntang isis proposal kita, trik dalam menghadapi seminar proposal :

  • Berdoa 
  • Jaga kesehatan
  • Jangan tegang
  • Duduk manis
  • Senyum-sapa-salam (tentunya dengan hormat& sopan yg mendalam)
  • Jangan nyolot/nantang, sering-seringlah kasih smile supaya aga luluh
  • Beri umpan supaya dosen kepancing buat bertanya materi yang anda kuasai
  • Jangan sekali-kali menyebut istilah yang tidak anda kuasai, bisa jadi boomerang bagi anda, nantinya penguji bertanya sampai keakar-akarnya.
  • Tarik napas dalam-dalam & elus dada begitu berhasil menjawab (pura-pura lega sekaligus tegang menghadapi next question, walah!)
  • Ucapkan terimakasih & salamin satu persatu begitu selesai sidang (mungkin bisa nambah poin kesopanan gitu Hehe…)
  • Tunjukkan kebahagiaan& keharuan yang amat sangat karen berhasil mlewati “meja hijau”
  • Seharusnya jawab semua pertanyaan penguji walau salah. Daripada anda diam saja (jadi terlihat anda tidak menguasai materi / otak anda kosong). 
  • Jujur, katakan tidak bisa, jangan sok tahu
  • Percaya diri dengan diri kita sendiri
  • Bawakan suasana seminar yang menyenangkan tapi serius.
  • buat dosen yakin dengan apa yang kita persentasikan (berlatih kecakapan presentasi)

Sekian dari saya tentang konsep presentasi seminar proposal, namun skali lagi, keberhasilan seminar ini ditentukan oleh seberapa kita menguasai situasi seminar dan seberapa kita menguasai isi dari proposal kita..


Donlot contoh Presentasi Seminar Proposal (PPT) disini
Password rar : adaddanuarta.blogspot.com

Smoga Bermanfaat...

0 komentar:

Poskan Komentar

ssstttttttt.....


jika agan-agan sekalian ingin soft file yang berkaitan dengan blog ane, agan bisa hubungi ane lewat email, FansPage Facebook atau twitter.. karena ane tidak selalu memantau Blog ini setiap hari..
mohon maklum ya gan.. :)

Facebook : Adad Danuarta

Twitter : Adad5Gibranz

Nama asli Achmad Musaddad, biasa di panggil ADAD,, tanggal lahir 6 maret 1990 di indramayu, cucu dari Kyai Irsyad bin IKROM BIN MUNJIYAT BIN WADINGAH BIN MISKIYAH BIN PENGHULU BEO BIN KYAI MUHAMMAD CANGKRING BIN TOLABUDDIN BIN PANGERAN CILIK (ASAL DARI PALEMBANG – SUMATRA SELATAN)yang keturunan dari Sultan MALIKUS SALEH (W. 1297 M/676 H) yang dikenal dengan Nama "ARYA DAMAR".
SDN tinumpuk 2 SMPN 2 Juntinyuat SMK PGRI Indramayu Universitas Wiralodra Indramayu

SMS GRATISS !!

Copyright © 2012 Adad DanuartaTemplate by : UrangkuraiPowered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.